-->

Cakwe-cakwe di Asia Tenggara: Populernya Si "Hantu yang Digoreng"

Digoreng berpasangan kemudian menyembul menguning coklat. Diangkat. Ditaruh di atas piring dan disajikan dengan saus cair untuk dicocol. Dimakan dengan bubur ayam. Dijual di pinggir jalan. Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini, cakwe? Makanan yang cukup populer di Indonesia, dan juga negara-negara Asia Tenggara lainnya. Ditengarai berasal dari Cina, cakwe merupakan penganan berbahan dasar tepung beras yang dipanjangkan sehingga berbentuk tongkat. Karena bentuknya ada yang menyebutnya tongkat berminyak dari Cina. Di Cina sendiri ia disebut dengan youtiao yang berarti hantu yang digoreng.

resepmenu.files.wordpress.com
Jika dari artinya kemunculan jenis makanan ini sebenarnya tidak lepas dari hukuman mati yang diterima oleh Yue Fuei, seorang Jenderal Dinasti Song yang dianggap pahlawan oleh banyak masyarakat Cina. Yue Fei merupakan seorang jenderal yang brilyan dalam sejarah dinasti itu. Ia memimpin banyak penaklukkan, terutama ke Jin. Namun hal itu ternyata disukai oleh salah satu pejabat istana bernama Qin Hui yang mengatakan bahwa yang dilakukan Yue Fei memboroskan uang negara. Lantas Qin Hui difitnah. Ia kemudian dihukum mati oleh kaisar. Kematiannya menimbulkan protes masyarakat Dinasti Song yang kemudian melampiaskannya pada sebuah makanan yang dinamakan "Hui yang digoreng". Makanan yang namanya disebut spontan oleh seorang pembuatnya, Wang Xiaoer, saat terjadi protes itu berbentuk dua manusia saling memunggungi. Manusia yang dimaksud ialah Qin Hui dan istrinya yang kemudian keduanya disebut sebagai hantu yang digoreng.

Dari Dinasti Song makanan ini kemudian menyebar ke seluruh Cina lalu ke Asia Tenggara. Nah, di Asia Tenggara selain di Indonesia yang disebut cakwe, di negara-negara lain di regional itu ia disebut dengan sebutan yang tak jauh berbeda. Berikut sebutan-sebutannya:
explore-laos.com
Laos
Di Laos cakwe disebut dengan pah thawng ko. Disajikan bersamaan dengan kopi, juga dengan sup mi ayam.

anismelon.blogspot.com
Malaysia dan Singapura
Sebutannya adalah cakoi. Di bahasa Inggris disebutnya you char kway. Biasa disajikan dan dimakan dengan selai kelapa. Juga dengan variasi lain berupa saus manis dan sarden. Dijual di jajanan pasar pagi dan malam.

wikipedia.org
Myanmar
Di negara Asia Tenggara yang berbatasan dengan India ini, sebutan untuk cakwe adalah kya kway. Dimakan dengan kedelai rebus, juga dicelupkan ke dalam teh dan kopi. Terkadang dimakan dengan bubur. Disajikan untuk makan pagi

oggi-icandothat.blogspot.com

Filipina
Untuk Filipina, cakwe disebut dengan bicho. Rasanya manis karena ditaburi gula, sama dengan Bunuelo, kue bola khas Filipina.
thaifiction-files.wordpress.com
yelp.com
Thailand dan Kamboja
Disebut pathongko. Sebetulnya pathongko berbeda dengan youtiao. Namun banyak yang mengira keduanya sama karena dijual bersamaan di pinggir jalan. Dimakan dengan bubur dan sup mie. Juga susu kental manis. Di Kamboja ia disebut ja kwai. Penyajian mirip dengan pathongko.

wikipedia.org
Vietnam
Quay sebutannya. Singkatan dari dai chao quay. Dimakan dengan bubur. Di Hanoi disajikan dengan mi wonton.

1 Response to "Cakwe-cakwe di Asia Tenggara: Populernya Si "Hantu yang Digoreng""

  1. HOT PROMO :

    - Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    - Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    - Bonus Rollingan Casino 0.8%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
    silakan bosku ^_^
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%
    jika ada kendala silahkan hubungi ke live chat kami ya bosku ^^
    kami siap membantu bosku 24jam :)
    di tunggu kedatangan nya kembali bosku ^^
    Di ADD ya bosku sosmed / contact kami kalau ada kendala ^^
    Setiap Hari Kami ada BC Info Event / Prediksi Jitu , Serta Bonus bonus Menarik :)

    Telegram : @KAPALJUDI
    Fanspage : https://www.facebook.com/KAPALJUDI.NET/
    Instagram : @kapaljudi88
    Twitter : @KapalAsia88
    Line : Kapaljudi
    WHATSAPP : +85515378728 | +6282334914358 ( New )

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel