-->

Sekilas Pemanfaatan Bambu di Asia Tenggara

Siapa sih yang tidak mengenal bambu? Hampir seluruh orang di dunia mengenal tanaman yang masuk subklan Bambusoideae ini.
Bagi-in.com


Persebaran tanaman yang bentuknya ramping dan panjang dari bawah hingga ke atas di berbagai belahan dunia seperti Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, Amerika Selatan, hingga Afrika Barat membuat bambu menjadi tanaman yang bisa diambil manfaatnya untuk dijadikan bahan bangunan, makanan, obat-obatan, bahan bakar ramah lingkungan, dan transportasi. Apalagi bambu merupakan elemen terpenting dalam kehidupan masyarakat di Asia terutama di Asia Tenggara. Nah, blog Asia Tenggara kali ini akan membahas sekilas penggunaan dan pemanfaatan bambu di seluruh negara Asia Tenggara.

Sebagai bahan makanan
Sari Bundo


Bambu yang ternyata begitu bermanfaat bagi kehidupan orang banyak ternyata bisa diolah menjadi makanan yang sedap dan gurih. Hal itu bisa kita lihat di Indonesia, Malaysia, Brunei, Timor Leste Thailand, Laos. Di Indonesia tunas bambu yang masih muda dijadikan sebagai gulai rebung yang dimasak bersama dengan santan. Selain itu, kuliner Indonesia terutama pada suku Jawa juga mengenal sayur lodeh sebagai makanan olahan dari bambu. Di negeri serumpun Malaysia juga menggunakan bambu sebagai tempat untuk lemang atau beras ketan yang dibakar. Mengenai Lemang, ia juga merupakan kuliner di Indonesia, Singapura, dan Brunei. Di Brunei bambu digunakan untuk memasak hidangan bernama Ayam Bambu, hidangan terkenal dan khas dari Negeri Petrodolar itu, dan berasal dari suku Dayak Iban. Di Timor Leste, satu-satunya negara Asia Tenggara yang berbahasa Portugis, bambu juga digunakan sebagai media untuk memasak Tukir, yaitu kuliner berupa daging kambing muda  yang dicampur kunyit. Sedangkan di Thailand dan Laos kuliner yang menggunakan bambu adalah Khao Lam sejenis nasi ketan yang dibakar menggunakan bambu seperti Lemang, sedangkan di Laos adalah Soup Nor Mai. Namun jika melihat pada namanya ini bukanlah sup melainkan salad yang berisikan rebung.

Sebagai bahan arsitektur atau bangunan
ArchDaily

Jamak diketahui bahwa di Asia Tenggara akan terlihat banyak sekali rumah berarsitektur bambu. Ini yang terlihat di Vietnam. Di Negeri Paman Ho terdapat tiga arsitektur urban dari bambu, yaitu Trang Bang Bamboo House, Wind and Water Bar, dan Bamboo Wing Restaurant. Arsitektur menggunakan bambu juga terlihat di Singapura namun dalam bentuk gedung pencakar langit bernama Bamboo Skycrapper. Meski begitu arsitektur ini masih berupa rancangan. Di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Indonesia bambu juga dijadikan sebagai jembatan selain sebagai rumah. Inilah yang terlihat di Solo. Dan di Chiang Mai, Thailand, terdapat hall olahraga dari bambu bernama Panyaden Sports Hall. Di Filipina, bambu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan Nipa Hut, rumah tradisional di Negeri Pinoy.

Sebagai alat transportasi
TripAdvisor


Bambu pun juga bisa dijadikan sebagai alat transportasi karena sifatnya yang multiguna. Tercatat ada beberapa transportasi yang menggunakan bambu sebagai bahan dasarnya seperti rakit sebagai alat penyeberangan sungai. Selain itu, bambu juga dijadikan sebagai sepeda. Inilah yang terlihat di Singapura dan Filipina. Dua perusahaan startup (rintisan) di sana membuat sepeda dari bambu sebagai langkah awal menuju kehidupan yang lebih baik.

Namun yang paling terkenal adalah kereta bambu yang digunakan di Battambang, Kamboja, dan menjadi tujuan wisata fenonemal di Kamboja selain Angkor Wat.

Sebagai bahan pembuatan patung


Getty Images


Terdengar aneh jika mendengar patung yang merupakan benda dari tanah liat dibuat dari bambu. Tapi itulah yang terjadi di Myanmar. Di negara tersebut terdapat sebuah patung Buddha berumur 500 tahun yang terbuat dari bambu. Letak patung itu berada di Hnee Paya. Selain itu, ada patung Buddha lainnya yang juga memakai bambu di Biara Taung Pauk Kyaung, Mawlamyine. Selain Myanmar, Indonesia juga mempunyai patung bambu bernama Getah-Getih di Jakarta.

Sebagai alat musik
Lintas Kuningan


Tentu banyak sekali alat musik di Asia Tenggara yang memakai bambu seperti Angklung di Indonesia, kagul di Filipina, Khene di Laos, Khloy di Kamboja, dan Sompoton di Malaysia. Alat-alat musik ini ada yang dimainkan dengan cara ditiup dan digoyang-goyangkan.

Sebagai senjata
Liputan 6


Bambu juga bisa digunakan sebagai senjata terutama dalam bela diri di Asia Tenggara seperti Lembing di negara-negara Melayu dan Dha di Indocina. Senjata-senjata lain yang berbahan dasar bambu adalah Meriam Buluh di Malaysia, Sumpit atau Sipet di Indonesia, dan Bambu Runcing di Indonesia. Di Vietnam bambu digunakan sebagai perangkap oleh Vietcong dalam Perang Vietnam. Satu lagi, bambu juga dijadikan sebagai pistol-pistolan.

Sebagai tempat wisata
Wisata Seni Budaya


Keberadaan bambu yang kemudian menjadi hutan bambu tak ayal menjadikannya juga sebagai tempat wisata. Di Asia Tenggara tempat wisata hutan bambu ada di Desa Panglipuran, Bali, Indonesia, Chai Nat, Thailand, Desa Phu An di Vietnam. Menjadikan hutan bambu sebagai tempat wisata sekaligus untuk menghilangkan kesan angker dan seram yang selama ini selalu melekat pada hutan bambu.

Nah, itulah sekilas penggunaan dan pemanfaatan bambu di Asia Tenggara. Jika diperhatikan penggunaan dan pemanfaatannya masih terbilang sedikit untuk sisi keuntungan.





1 Response to "Sekilas Pemanfaatan Bambu di Asia Tenggara"

  1. As stated by Stanford Medical, It is in fact the ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh 42 pounds lighter than we do.

    (By the way, it has absoloutely NOTHING to do with genetics or some hard exercise and really, EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "what"...

    CLICK this link to reveal if this easy test can help you decipher your true weight loss possibilities

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel