-->

Emblem-Emblem Nasional Negara-Negara Asia Tenggara

Setiap negara pasti mempunyai emblem nasional. Begitu juga negara-negara di Asia Tenggara dan yang tergabung dalam ASEAN. Emblem melambangkan kekhasan atau ideologi negara tersebut. Jika diperhatikan emblem-emblem negara di Asia Tenggara beberapa memilki persamaan. Antara Indonesia dan Thailand sama-sama menggunakan Garuda sebagai emblem nasional. Garuda adalah makhluk dalam mitologi Hindu yang kemudian diserap oleh kedua negara tersebut. Namun, baik Indonesia dan Thailand terdapat perbedaan dalam menghadirkan Garuda. Indonesia menghadirkan Garuda dalam bentuk elang bondol jawa yang merupakan satwa endemik Indonesia yang sudah punah. Sedangkan Thailand menghadirkan Garuda dalam bentuk makhluk mitologis yang sudah dilokalkan.

Antara Kamboja, Myanmar, dan Singapura menggunakan singa sebagai elemen dalam emblem mereka. Singa merupakan satwa yang masuk ke Asia Tenggara bersamaan dengan masuknya Hindu ke Asia Tenggara dari India. Satwa ini aslinya tidak hidup di Asia Tenggara. Namun ia muncul dalam cerita-cerita mitologi Hindu. Di Kamboja singa dimasukkan untuk menggambarkan raja dan ratu sekaligus menandakan Kamboja adalah sebuah negara kerajaan. Yang unik ialah Myanmar dan Singapura. Myanmar memasukkan Chinte, singa mitologis dalam Mitologi Myanmar sedangkan Singapura memasukkan singa sebagai representasi negara itu yang memang berarti kota singa. Uniknya, di emblem Singapura terdapat harimau yang konon dibuat untuk melambangkan Malaysia, negara yang pernah menaungi Singapura hingga 1965.

Laos memasukkan kuil nasionalnya, Pha Tat Luang sebagai elemen dalam emblem nasionalnya. Malaysia memasukkan satwa endemiknya, harimau malaya. Uniknya, Filipina memasukkan lambang elang Amerika Serikat dan singa Leon-Castillia ke dalam emblemnya sebagai simbol dua negara yang pernah menjajah Filipina.

Untuk ideologi, terlihat Brunei memasukkan unsur-unsur islami berupa tulisan jawi untuk menandakan negara tersebut negara islami. Begitu juga dengan Malaysia. Sedangkan Laos dan Vietnam memasukkan unsur roda gir dalam emblemnya untuk menandakan bahwa mereka merupakan negara sosialis. Vietnam menjadi satu-satunya negara yang tercinaisasi di Asia Tenggara. Hal itu terlihat dari emblem negara ini yang bernuansakan Cina dan hampir mirip dengan emblem Republik Rakyat Cina.

File:Coat of arms of Vietnam.svg
Vietnam
File:Garuda Emblem of Thailand.svg
Thailand
File:Coat of arms of Singapore (blazon).svg
Singapura
File:Coat of Arms of the Philippines.svg
Filipina
Malaysia
File:Emblem of Laos.svg
Laos
File:National emblem of Indonesia Garuda Pancasila.svg
Indonesia

File:Royal Arms of Cambodia.svg
Kamboja
File:State seal of Myanmar.svg
Myanmar
File:Emblem of Brunei.svg
Brunei Darussalam

0 Response to "Emblem-Emblem Nasional Negara-Negara Asia Tenggara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel