-->

Pisang Goreng: Kuliner Populer Asia Tenggara

http://www.cambodia-picturetour.com/chek-chean-fried-banana/
www.theravenouscouple.com
tasteologie.notcot.org
Pisang goreng. Siapa yang tidak tahu dan mengenal kuliner peganan din saat senggang yang satu ini. Rasanya yang enak dan gurih ditambah mudah ditemui dimana saja serta harganya yang terjangkau menjadikannya sebagai kuliner populer di negara-negara tropis penghasil buah pisang seperti di Asia Tenggara. Ya, hampir semua negara di Asia Tenggara, terutama Indonesia mempunyai jenis kuliner yang satu ini. Awal mula pisang goreng sebenarnya datang dari kebiasaan bangsa Portugis yang menjadikan pisang sebagai menu sarapan pagi ketika bangsa ini berada di Asia Tenggara pada 1511. Mereka menambahkan tepung ke dalam sebuah pisang yang telah dikupas kulitnya dan lantas digoreng. Kebiasaan itu kemudian diadopsi oleh rakyat di Nusantara yang kemudian menyebar ke berbagai negara di Indocina.
indonesiasecretkitchen.blogspot.com


Pisang goreng menjadi makanan khas populer di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Filipina, dan Vietnam. Tentu saja dengan nama dan bentuk yang berbeda. Kalau di Indonesia disebut pisang goreng, kuliner menggoreng pisang ini, di negara-negara jiran serumpun disebut goreng pisang. Di Thailand disebut kluay tod. Kamboja menyebutnya chek Chean. Filipina  prito saging, dan Vietnam chuoi chien. Mengenai bentuk pun juga demikian. Di Indonesia akan selalu ditemukan bentuk pisang goreng yang pendek. Begitu juga di Vietnam yang malah seperti tahu goreng. Malaysia dan Singapura sama seperti Indonesia. Di Bagan, Myanmar berbentuk gempal dengan peneman berupa gula. Sedangkan Thailand, Kamboja, dan Filipina agak lonjong dan kehitaman tidak seperti di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Vietnam yang cenderung terang.
http://everydaygourmet.tv/recipes/363


Namun yang menjadi persamaan ialah pisang-pisang goreng itu dijual di pinggir jalan dan kebanyakan bahan pisang goreng jelas menggunakan pisang raja dan tepung sebagai bahan utama. Selebihnya bisa ditambah bumbu kremes, coklat, vanila, dan susu untuk variasi. Populernya pisang goreng sebagai kuliner di Asia Tenggara menandakan bahwa Asia Tenggara sebenarnya satu dan universal. Ini juga setidaknya bisa meruntuhkan pendapat bahwa pisang goreng milik suatu bangsa tertentu.
importfood.com

0 Response to "Pisang Goreng: Kuliner Populer Asia Tenggara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel