-->

Sepak Bola di Asia Tenggara

Siapa yang tidak mengenal sepak bola? Olahraga menendang bola yang dimainkan dengan 22 pemain yang saling berhadapan dalam rentang waktu 2x45 menit. Olahraga, sebelumnya dinyatakan berasal dari Inggris, namun oleh FIFA, badan sepak bola internasional, pada 2004 dinyatakan berasal dari Cina. Olahraga yang terbilang mudah dimainkan, simpel, tidak memerlukan banyak peralatan, dan bisa dimainkan siapa saja. Olahraga yang cukup populer sejagat.

ASEANFootballFederation logo.png
wikipedia.org

Karena sifatnya yang demikian, sepak bola menjadi olahraga terpopuler di Asia Tenggara. Hampir semua negara di Asia Tenggara mengenal sepak bola dan menjadikannya sebagai tontonan populer. Termasuk juga Filipina, yang sebenarnya lebih lekat dengan basket. Sepak bola masuk ke Asia Tenggara pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Permainan ini diperkenalkan oleh orang-orang Eropa yang menjadi penguasa atau penjajah di beberapa negara di Asia Tenggara. Di Thailand, satu-satunya negara di kawasan ini yang tidak dijajah, sepak bola diperkenalkan oleh orang-orang Eropa yang bekerja di lingkungan Kerajaan Thailand pada 1897. Pada masa ini Thailand sedang mengalami modernisasi mengikuti Barat di bawah arahan Raja Chulalongkorn.

Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mempunyai asosiasi sepak bola mandiri. Football Association of Singapore (FAS) berdiri pada 1892. Organisasi ini didirikan oleh orang-orang Inggris di Singapura. Selanjutnya menyusul organisasi sejenis di negara-negara lain di Asia Tenggara. Filipina mendirikan Philipine Football Federation pada 1907. Thailand mendirikan Football Association of Thailand pada 1916 oleh Raja Vajiravudh. Pada 1925 Thailand bergabung dengan FIFA dan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang bernaung di badan sepak bola dunia tersebut. Sedangkan Filipina menjadi negara kedua. Indonesia lalu menyusul pada 1930 dengan berdirinya PSSI atau Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Indonesia merupakan contoh kasus yang unik. Ini mengingat sebelum PSSI berdiri, sudah ada organisasi bentukan Pemerintah Hindia Belanda, yaitu NIVB atau Nederlandsch-Indie Voetbal Bond. Namun diskriminasi yang dilakukan NIVB terhadap pribumi membuat orang pribumi memilih mendirikan PSSI sebagai wadah suara mereka. Alhasil, pendirian PSSI pun disertakan juga pesan-pesan nasionalis. Tiga tahun kemudian Malaysia dan Kamboja menyusul mendirikan FAM (Football Association of Malaysia) atau Persatuan Bola Sepak Malaysia dan  Football Federation of Cambodia. Organisasi-organisasi sepak bola di Myanmar, Laos, Brunei, dan Vietnam didirikan pasca Perang Dunia ke-2 dan pada masa itu kebanyakan dari organisasi sepak bola di Asia Tenggara bergabung dengan FIFA menyusul Thailand dan Filipina lalu AFC, badan sepak bola Asia, yang berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia. Beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Myanmar, Vietnam, dan Filipina berkontribusi terhadap pendirian badan ini pada 1954. Meskipun kontribusi itu sekarang berbanding terbalik dengan prestasi-prestasi yang dimiliki tim-tim Asia Tenggara, yang kelihatannya susah bersaing dengan tim-tim dari Asia Timur dan Asia Barat.

facebook.com

Padahal, jika melihat pada masa lalu, tim-tim Asia Tenggara cukup mumpuni di persepakbolaan Asia. Myanmar, Thailand, Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan Kamboja merupakan beberapa contoh tim-tim Asia Tenggara yang mampu berbicara di Asia. Myanmar, yang nampaknya sekarang seperti tim kelas dua di Asia Tenggara, pada masa lampau adalah tim yang mampu merajai Asia dengan dua kali menjadi juara di Asian Games pada 1966 dan 1970. Sedangkan di Piala Asia, tim negara yang sempat dikuasai junta militer sampai 2011 ini sempat menjadi runner up pada 1968 setelah kalah dari Iran. Sedangkan Thailand menjadi juara ketiga pada Piala Asia 1972 di negeri sendiri usai mengalahkan Kamboja lewat adu penalti. "Negeri gajah putih" juga 3 kali menempati posisi keempat di Asian Games pada 1990, 1998, dan 2002. Malaysia, jiran si Indonesia, yang belakangan sedang meningkat pamornya usai menjuarai Piala AFF 2010 dan SEA Games 2011, juga mempunyai prestasi yang sama di masa lalu. Negeri ini dua kali menggenggam posisi ketiga 2 kali pada Asian Games 1962 dan 1974. Indonesia, yang sekarang terlihat payah, mempunyai prestasi dengan menempati peringkat keempat dua kali di Asian Games, yaitu pada 1954 dan 1986. Pada Asian Games 1958 di Tokyo, Jepang Indonesia menempati peringkat ketiga usai mengalahkan India. Vietnam, yang dahulu terbagi dua, utara dan selatan, juga mempunyai prestasi. Dan ini digenggam Vietnam Selatan yang dua kali berturut-turut menjadi runner-up pada Piala Asia 1956 dan 1960. Kamboja, sudah disinggung, menempati peringkat keempat pada Piala Asia 1972. Ini menjadi prestasi negara tersebut yang pada masa itu sedang teramuk perang sipil. Hal yang cukup berpengaruh pada negara yang identik Angkor Wat di masa-masa selanjutnya sehingga Kamboja pun menjadi tim kelas dua di Asia Tenggara. Meskipun begitu, Kamboja bisa berbangga karena Hok Sochetra, striker legendaris Kamboja yang dianugerahi gelar pemain terbaik Asia Tenggara pada 1997.

lookatvietnam.com


Selepas itu, negeri-negeri di Asia Tenggara mengalami kepayahan dalam sepak bola. Bangkitnya negeri-negeri di Asia Timur dan munculnya negeri-negeri di Asia Barat karena limpahan minyak, membuat Asia Tenggara seperti menjadi inferior dan bahkan penonton. Pada gelaran Piala Asia 2011 lalu, tak ada satu pun tim dari Asia Tenggara yang lolos ke putaran final. Pada Piala Asia 2015 nanti, harapan itu sepertinya akan tersemat pada Malaysia yang bersama-sama merebut peringkat ketiga terbaik meski mustahil karena harus bersaing dengan tim-tim dari Asia Barat. Ketika 4 negara Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam) sama-sama ditunjuk untuk menyelenggarakan Piala Asia 2007, hanya Vietnam yang mampu lolos dari penyisihan grup. Untuk ukuran Piala Dunia, sampai saat ini, hanya Indonesia yang dianggap mewakili Asia Tenggara pada 1938 meskipun ada kontroversi yang menyertai seperti penggunaan nama Hindia-Belanda yang ditolak oleh kaum nasionalis Indonesia hingga sekarang meski diakui FIFA.

Lalu bagaimana dengan klub? Sebenarnya setali tiga uang. Namun lolosnya Buriram hingga ke perempat final AFC Champions League seperti menjadi pertanda kebangkitan Asia Tenggara mengingat Asia Tenggara masih punya taji di ajang antar-klub nomor satu di Asia ini. Ketika dimulai pada 1967, Selangor tercatat menjadi klub Asia Tenggara yang menjadi runner-up. Prestasi itu kemudian diikuti oleh Thai Farmers Bank yang juara dua kali berturut-turut pada 1993-1994 dan 1994-1995. BEC Tero Sassana juga hendak mengikuti prestasi itu, sayang klub terkuat di Thailand ini hanya menjadi runner-up pada 2003. PSMS Medan boleh jadi ialah klub Indonesia yang menempati peringkat keempat di ajang ini pada 1970. Klub Indonesia yang lain seperti Pelita Jaya dan Krama Yudha Tiga Berlian menempati peringkat 3 pada 1990-1991 dan 1985-1986. Asia Tenggara sebenarnya masih diperhitungkan hingga pertengahan 90-an. Sayang setelah itu menjadi tak berdaya. Kebanyakan gugur di penyisihan. Hanya di ajang antar-klub Asia nomor dua, klub-klub Asia Tenggara bisa berbicara meski tak jadi juara dan hanya sampai semifinal. Inilah yang dilakukan Bin Duong, Da Nangh, Bontang FC, dan Muangthong United.

Untuk ajang regional, Asia Tenggara yang dipayungi oleh AFF atau ASEAN Football Federation sejak 1984 mempunyai dua ajang prestisius, SEA Games dan Piala AFF. Untuk SEA Games, Thailand sudah 13 kali menjuarai sepak bola di ajang multi-cabang dua tahunan ini. Diikuti Malaysia 6 kali, Myanmar 5 kali, dan Indonesia 2 kali. Karena prestasinya itu, Thailand dijuluki sebagai raja sepak bola Asia Tenggara. Di ajang lainnya, Piala AFF yang digelar sejak 1996, tercatat "negeri gajah putih" sudah 3 kali menjuarai. Prestasi itu hanya kalah dengan Singapura yang sudah 4 kali menjuarai sejak 2002 hingga terakhir 2012. Diikuti Vietnam dan Malaysia sebanyak 1 kali. Indonesia menjadi negara yang harus menduduki posisi runner-up sebanyak empat kali tanpa pernah menjadi juara sekalipun.

Hingga hari ini, sepak bola tetap populer di Asia Tenggara. Karena persaingan yang begitu kental dan ketat dari timnas negara-negara Asia Tenggara dalam SEA Games dan Piala AFF, rivalitas pun tercipta seperti Indonesia-Malaysia, Malaysia-Singapura, Thailand-Vietnam, dan Thailand-Singapura. Beberapa dari rivalitas ada yang murni olahraga namun ada juga karena politis dan historis. Asia Tenggara pun juga menjadi pasar potensial sepak bola dunia. Banyak klub-klub Eropa mencari fans hingga ke Asia Tenggara dengan mengadakan tur musim panas setiap tahunnya. Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam menjadi sekian negara-negara Asia Tenggara yang selalu disinggahi. Selain singgah, beberapa klub itu juga berafiliasi dengan klub-klub lokal. Afiliasi yang bisa dibilang menguntungkan terutama untuk pembinaan.  Indonesia menjadi salah satu pasar potensial yang cukup berpengaruh  karena dinilai mempunyai wilayah yang cukup luas dengan kompetisi dan fanatisme sepak bola yang bergemuruh daripada negara-negara lain di Asia Tenggara. Kepemilikan beberapa orang Asia Tenggara seperti Tony Fernandez, Erick Thohir, Vincent Tan, dan Vichai Srivaddhanaprabha di beberapa klub elite Eropa cukup mempengaruhi. Pada 2015, untuk meningkatkan kualitas klub-klub di Asia Tenggara diselenggarakan ASEAN Super League untuk kali pertama dan pada 2030 Asia Tenggara berniat menyelenggarakan Piala Dunia menyusul suksesnya Piala Asia 2007 meskipun hanya boleh dua negara yang ikut mencalonkan bukan empat seperti yang selama ini diinginkan.



13 Responses to "Sepak Bola di Asia Tenggara"

  1. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  2. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan bandar mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Sbg Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man kepada beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    wa zeusbola

    promo sabung ayam

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 download nova88 apk, main langsung maxbet nova88.

    ReplyDelete
  3. Judi online adalah salah satu permainan yang sangat mengundang perhatian semua kalangan yang ada di Indonesia. Poker Online menjadi salah satu target utama warga net yang ingin mencari keuntungan besar.

    Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
    - Semua Bank Lokal
    - OVO
    - Gopay
    - Dana
    - Pulsa (Minimal Deposit 25rb)

    BONUS ANGGPAO DARI POKERAYAM :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * Bonus Referral Di Situs IDNPoker
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    Bonus Freechip Angpao Imlek
    Freechip Imlek 2020
    Bonus Freechip Angpao Imlek
    Bonus Angpao Imlek 2020

    ReplyDelete
  4. Bosan dengan permainan poker online? Ingin mencoba sensasi baru yang mudah dimainkan dan mudah dimainkan? Hayuk gabung bersama Pokervita situs aduq online terpercaya di Indonesia menerima deposit via pulsa

    Promo bonus besar-besaran Pokervita
    * Promo Harian
    * Promo Mingguan
    * Promo Bulanan

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Judi Poker Online
    Texas Holdem Poker
    Bandar Sakong Online

    BACA JUGA :
    Situs AduQ Winrate Tertinggi
    Bonus Referral Terbesar Agen Bandar Poker Online
    Situs Judi Poker Pulsa Online

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  5. Hallo bos ku ^_^
    Di sini kami ingin menawarkan satu situs web judi online terpercaya di indonesia di jamin 100% aman ^_^
    Cara bermain nya gampang dan mudah raih jutaan rupiah bisa mainkan Bayak permianan hanya dengan 1 user id saja boss. Untuk proses depo/wd yang yang super cepat ^_^

    DENGAN MINIMAL DEPOSIT PULSA 25RB ANDA JUGA SUDAH BISA BERMAIN..!!!!!!

    ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :
    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Bandar Poker Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan

    Judi Bola Online Deposit Pulsa Terpercaya

    ReplyDelete
  6. Ayo Coba Tembak ikan terbaru dan Terbaik Saat ini
    Berbagai game bisa anda mainkan dan mendapatkan cashback mingguan sebesar 5%
    Info regis
    Kontak WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  7. DEPOSIT BISA VIA PULSA XL!

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa layanan terhadap awal akun permainan judi atau taruhan online untuk anda di perwakilan judi online yg berkelas International, sah dan terpercaya hanya di judi deposit pulsa.

    Juga Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.pw/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.pw/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    promo s128 adu ayam

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    zeus365.net
    zeusbola livechat

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  8. ZEUSBOLA POKER DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN RATE OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA, BTPN JENIUS

    Hayukk DAFTAR ZEUSBOLA Sekarang di https://zeusbola.pro/ Untuk mendapatkan Penghasilan Sampingan Hanya Dengan Dirumah Saja.

    Whatsapp 1 : +6282277104607
    TELEGRAM : 0813-3355-5996 / @zeusbola
    LINK ALTERNATIF ZEUSBOLA

    Baca Juga :
    Slot Aztec Gems Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Bandar Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan

    ReplyDelete
  9. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Daftar Ceme Keliling Terpercaya Dan Terbaik 2021

    Freechip natal & tahun baru

    ReplyDelete
  10. CLUB388CASH SLOT ONLINE INDONESIA TERBARU 2021

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Judi Slot Online Club388
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    ReplyDelete
  11. Sering deposit pulsa di agent lama untuk bermain game kesayangan anda??

    Tapi sayangnya kena potongan?

    Aduh mana zaman lagi kena potongan

    klik ====> promo judi pulsa online tanpa potongan

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    ReplyDelete
  12. Agent SBOBET dengan ODDS yang bersaing

    Hanya di BOLAVITA

    Info Regis
    WA:0812 2222 995

    ReplyDelete
  13. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    [url="https://zeusbola.mypixieset.com/"][Daftar Slot Gacor Hari Ini Tanpa Rekening Bank Zeusbola][/url]
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    dengan minimal deposit 25 rb..
    Untuk Pulsa dimulai dari 10RB
    dan ada promo TANPA POTONGAN.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel