-->

Becak-Becak Motor di Asia Tenggara

Becak motor (auto rickshaw) merupakan salah bentuk transportasi publik. Transportasi ini sejatinya adalah bentuk becak yang dimodifikasi dengan mesin. Umumnya, becak motor berbentuk mobil mini beroda tiga. Bodinya berupa baja dengan atau tanpa atap. Di bagian depan transportasi ini ditempati oleh sopir. Sedangkan di bagian belakangnya penumpang yang bisa berjumlah 2-3 penumpang. Ia digerakkan oleh mesin 2 tak.
Aslinya becak motor berasal dari Italia. Ia diciptakan oleh Corradino D'Ascanio, desainer penerbangan dan penemu Vespa pada 1947. Ia menciptakan transportasi ini untuk kepentingan ekonomi Italia pasca Perang Dunia Kedua. Dari Italia inovasi ciptaannya berkembang, terutama ke India dan Asia Tenggara. Di Asia Tenggara becak motor berbasiskan produksi Daihatsu Midget. Kendaraan ini diperkenalkan pada 1957. Dewasa ini hampir semua negara Asia Tenggara mempunyai becak motor. Ada yang bentuknya seperti bajaj India, ada yang seperti motor mendorong gerobak, bahkan ada yang mampu menampung hingga 12 penumpang. Tentu saja banyak istilah untuk becak motor di kawasan ini. Tuk-tuk, bajaj, bentor, bemo, helicak, traysikel, dan xe lam.

Daihatsu Midget
(sumber: wikipedia)

Nah, berikut penampakan becak motor di kawasan ini:

    Kamboja

Disebut tuk-tuk. Biasanya terdapat di Phnom Penh dan Siem Reap. Kebanyakan untuk transportasi pariwisata.
(sumber :wikipedia)



Indonesia





Di Indonesia banyak terdapat becak motor. Terutama di Jakarta (bajaj) dan di beberapa kota di luar Jakarta seperti Banda Aceh, Medan, dan Gorontalo. Di ketiga kota sebutannya adalah bentor.
(sumber :rmol.co dan henytag.wordpress.com)

Laos

 

Disebut Tuk-tuk jumbo. Mesin 3-4 tak dari Daihatsu. Mampu memuat hingga 12 penumpang. Terutama terdapat di Vientiane, Luang Prabang, dan Savannakhet.
(sumber: wikipedia)


Filipina



Disebut traysikel. Yang berarti roda tiga. Terdapat di hampir semua tempat di Filipina. Gambar di atas adalah traysikel yang berada di Aklan dan Dumague City. Traysikel di Aklan mampu memuat hingga 7 penumpang.
(sumber: wikipedia)

Thailand

Sama seperti Kamboja dan Laos, di Thailand transportasi ini disebut Tuk-Tuk. Terdapat di banyak tempat di Thailand seperti di Bangkok dan tempat-tempat wisata. Selain untuk transportasi publik, ia juga sebagai transportasi pariwisata, bahkan transportasi kepolisian di Chiang Mai.
(sumber:polycount dan wikipedia)

Vietnam

Disebut xe lam. Istilah Vietnam untuk Lambro yang merupakan kependekan Lambretta, produsen skuter yang menjadi basis becak motor ini. Kebanyakan di Vietnam Selatan.
(sumber: forevergreenresort.com)

0 Response to "Becak-Becak Motor di Asia Tenggara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel