-->

Jembatan Penang Kedua: Si Dobel S Terpanjang di Asia Tenggara

Pulau Penang merupakan pulau utama di Malaysia. Beribu kota di George Town, pulau yang mayoritas dihuni Cina-Malaysia merupakan salah satu tempat tujuan wisata populer di Malaysia. Di pulau inilah banyak terdapat peninggalan kolonial Inggris. Di masa silam Penang termasuk salah satu jalur perdagangan Inggris yang dimulai dari Selat Malaka, Singapura, hingga India. Pulau Penang, dalam bahasa Melayu disebut Pinang, merupakan salah satu bagian Negeri Bagian Penang yang terdiri dari Pulau Penang dan Seberang Perai di daratan Malaysia. Negara bagian yang terlihat unik ini pun dihubungkan oleh dua buah jembatan.


english.astroawani.com
Jembatan pertama ialah Jembatan Penang Pertama (The First Penang Bridge). Jembatan yang dibangun pada 1982-1985 ini merupakan salah satu dari lima jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan kedua ialah Jembatan Penang Kedua (The Second Penang Bridge) atau Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah. Dibangun pada 2008-2014 jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Posisi jembatan terpanjang sebelumnya dipegang Jembatan Suramadu di Indonesia yang menghubungkan Surabaya dan Pulau Madura. Tulisan ini akan membahas Jembatan Penang Kedua.

Dengan panjang 24 kilometer, lebih panjang 11,5 kilometer dari jembatan pertama, Jembatan Penang Kedua dibangun lebih untuk mengakomodasi mobilitas warga Negara Bagian Penang yang dirasa tidaklah lagi cukup jika hanya menggunakan jembatan pertama. Apalagi jika dilihat dari peta jembatan pertama lebih mendekat kepada George Town. Padahal dalam beberapa tahun belakangan populasi penduduk Pulau Penang di luar George Town cukup meningkat pesat. Tentu saja peningkatan populasi ini harus didukung oleh infrastruktur, terutama untuk berhubungan daratan Malaysia. Artinya, cukup kejauhan warga di luar George Town untuk ke daratan Malaysia karena harus ke George Town terlebih dahulu. Dengan jembatan kedua, otomatis warga Pulau Penang tak perlu bersusah payah ke George Town. Selain itu, untuk menghindari kemacetan.

Terpancang di antara Batu Maung di Pulau Penang dan Batu Kawan di daratan Malaysia, Jembatan Penang Kedua merupakan proyek megastruktur yang didanai Cina senilai RM 45 juta. Operator jembatan ini adalah Jambatan Kedua Sdn. Bhd.. Butuh waktu 20 menit untuk menjelajah jembatan yang juga jalan tol ini. Nama lain Jembatan Penang Kedua adalah Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah, Yang DiPertuan Agung (raja) Malaysia saat ini.

thestar.com.my
Dari sudut arsitektur, Jembatan Penang Kedua berbentuk tak berbeda dengan Jembatan Penang Pertama. Ia ditopang oleh kabel penyangga di tengah jembatan. Jembatan ini berbentuk S dan berlajur dua. Kode jalan tolnya ialah E28. Di atas air panjang lintasannya 16.9 kilometer. Jembatan dirancang untuk tahan gempa pada skala 7.5 skala richter.

Pembangunan jembatan yang dimulai pada 2008 sempat terkendala oleh dana dan masalah lahan. Sehingga jembatan yang dirancang selesai pada 2012 baru selesai pada 2014 dan dibuka oleh Perdana Menteri Malaysia Tun Nadjib Razak. Peletakan batu pertama pada 2006 dilaksanakan pada masa Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi. Ide pembangunan sudah mulai disuarakan semenjak masa Perdana Menteri Mahattir Mohammad.

Jembatan Penang Kedua pun menjadi objek wisata di Pulau Penang. Selain itu jembatan terpanjang di Malaysia ini menjadi tempat ajang lomba maraton tahunan Penang Bridge International Marathon.


1 Response to "Jembatan Penang Kedua: Si Dobel S Terpanjang di Asia Tenggara"

  1. Sedikit koreksi min, jembatan posisi pertama terpanjang di asia tenggara sekarang sudah di gantikan. Selengkapnya bisa lihat disini 10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel