Jembatan Penang Kedua: Si Dobel S Terpanjang di Asia Tenggara
Pulau Penang merupakan pulau utama di
Malaysia. Beribu kota di George Town, pulau yang mayoritas dihuni
Cina-Malaysia merupakan salah satu tempat tujuan wisata populer di
Malaysia. Di pulau inilah banyak terdapat peninggalan kolonial
Inggris. Di masa silam Penang termasuk salah satu jalur perdagangan
Inggris yang dimulai dari Selat Malaka, Singapura, hingga India.
Pulau Penang, dalam bahasa Melayu disebut Pinang, merupakan salah
satu bagian Negeri Bagian Penang yang terdiri dari Pulau Penang dan
Seberang Perai di daratan Malaysia. Negara bagian yang terlihat unik
ini pun dihubungkan oleh dua buah jembatan.
english.astroawani.com |
Jembatan pertama ialah Jembatan Penang
Pertama (The First Penang Bridge). Jembatan yang dibangun pada
1982-1985 ini merupakan salah satu dari lima jembatan terpanjang di
Asia Tenggara. Jembatan kedua ialah Jembatan Penang Kedua (The Second
Penang Bridge) atau Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah.
Dibangun pada 2008-2014 jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di
Asia Tenggara. Posisi jembatan terpanjang sebelumnya dipegang
Jembatan Suramadu di Indonesia yang menghubungkan Surabaya dan Pulau
Madura. Tulisan ini akan membahas Jembatan Penang Kedua.
Dengan panjang 24 kilometer, lebih
panjang 11,5 kilometer dari jembatan pertama, Jembatan Penang Kedua
dibangun lebih untuk mengakomodasi mobilitas warga Negara Bagian
Penang yang dirasa tidaklah lagi cukup jika hanya menggunakan
jembatan pertama. Apalagi jika dilihat dari peta jembatan pertama
lebih mendekat kepada George Town. Padahal dalam beberapa tahun
belakangan populasi penduduk Pulau Penang di luar George Town cukup
meningkat pesat. Tentu saja peningkatan populasi ini harus didukung
oleh infrastruktur, terutama untuk berhubungan daratan Malaysia.
Artinya, cukup kejauhan warga di luar George Town untuk ke daratan
Malaysia karena harus ke George Town terlebih dahulu. Dengan jembatan
kedua, otomatis warga Pulau Penang tak perlu bersusah payah ke George
Town. Selain itu, untuk menghindari kemacetan.
Terpancang di antara Batu Maung di
Pulau Penang dan Batu Kawan di daratan Malaysia, Jembatan Penang
Kedua merupakan proyek megastruktur yang didanai Cina senilai RM 45
juta. Operator jembatan ini adalah Jambatan Kedua Sdn. Bhd.. Butuh
waktu 20 menit untuk menjelajah jembatan yang juga jalan tol ini.
Nama lain Jembatan Penang Kedua adalah Jembatan Sultan Abdul Halim
Muadzam Shah, Yang DiPertuan Agung (raja) Malaysia saat ini.
thestar.com.my |
Dari sudut arsitektur, Jembatan Penang
Kedua berbentuk tak berbeda dengan Jembatan Penang Pertama. Ia
ditopang oleh kabel penyangga di tengah jembatan. Jembatan ini
berbentuk S dan berlajur dua. Kode jalan tolnya ialah E28. Di atas
air panjang lintasannya 16.9 kilometer. Jembatan dirancang untuk
tahan gempa pada skala 7.5 skala richter.
Pembangunan jembatan yang dimulai pada
2008 sempat terkendala oleh dana dan masalah lahan. Sehingga jembatan
yang dirancang selesai pada 2012 baru selesai pada 2014 dan dibuka
oleh Perdana Menteri Malaysia Tun Nadjib Razak. Peletakan batu
pertama pada 2006 dilaksanakan pada masa Perdana Menteri Abdullah
Ahmad Badawi. Ide pembangunan sudah mulai disuarakan semenjak masa
Perdana Menteri Mahattir Mohammad.
Jembatan Penang Kedua pun menjadi objek
wisata di Pulau Penang. Selain itu jembatan terpanjang di Malaysia
ini menjadi tempat ajang lomba maraton tahunan Penang Bridge
International Marathon.
Sedikit koreksi min, jembatan posisi pertama terpanjang di asia tenggara sekarang sudah di gantikan. Selengkapnya bisa lihat disini 10 Jembatan Malaysia Terpanjang - Ilmu Pengetahuan
ReplyDelete