-->

Bali: Kisah Sebuah Pulau Unik di Indonesia

Apakah pulau yang namanya lebih termahsyur di Indonesia? Jawabannya tentu saja Bali. Ya, pulau yang terletak dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil, yang juga meliputi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur memang begitu tersohor ke seluruh dunia karena keindahan dan keunikan budayanya. Akibatnya, banyak orang asing yang lebih mengetahui Bali daripada Indonesia, sehingga menanyakan Indonesia itu terletak di sebelah mana Bali? Sebuah hal yang tentu saja 'menyakitkan' mengingat Indonesia itu tak hanya Bali atau Indonesia itu bagian dari Bali. Namun, begitulah faktanya. Tentu saja hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi setiap orang Indonesia untuk giat menjelaskan mengenai Bali dan wilayah-wilayah lain di Indonesia yang tidak kalah dari Pulau Dewata ---julukan Bali.
ilmusosial.info
Dalam konteks Indonesia Bali adalah salah satu wilayah administratif atau provinsi di negara kepulauan ini. Ia dibentuk pada 1959 setelah sebelumnya  tergabung dalam Provinsi Sunda Kecil di awal kemerdekaan Indonesia. Bali sejatinya tidak hanya menggambarkan sebuah pulau, tetapi ia juga menggambarkan sebuah etnis dan bahasa. Dan boleh dibilang di Indonesia hanya di Bali semua itu tergambarkan dan melingkupi dibandingkan pulau-pulau lain di Nusantara. Inilah yang membuat Bali terasa unik dan istimewa. Apalagi mayoritas etnis Bali beragama Hindu. Tentu saja etnis Bali yang termasuk rumpun bangsa Austronesia merupakan etnis asli beragama Hindu setelah etnis Campa Balamon di Vietnam dalam konteks Asia Tenggara. Di pulau inilah tradisi keagamaan Hindu begitu kuat dan lestari walaupun beberapa ada yang kemudian dihapus karena dianggap kejam seperti sati.
indonesia.travel

Kuatnya tradisi Hindu bercampur dengan kepercayaan lokal disertai dengan keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik domestik maupun asing. Keindahan Bali mulai terpancar semenjak Antonio Blanco dan Walter Spies melukiskan Bali dalam kanvas mereka.

Berkas:Bali-Danse 0704a.jpg
wikipedia
Jika melihat keadaan yang demikian, sebenarnya cukuplah tepat jika Bali mendapatkan status otonomi seperti halnya enam provinsi lain di Indonesia yang mendapatkan status serupa terutama dari aspek religiusitas seperti halnya Aceh. Namun, hal itu ternyata belumlah cukup bagi Bali mengingat setiap daerah di Indonesia mempunyai keunikan, dan pemberian status kepada enam provinsi yang dimaksud; Aceh, Jakarta, Yogyakarta, Papua, dan Papua Barat lebih karena faktor sejarah, pergolakan etnis, dan ibu kota. Jika saja Bali mempunyai hal-hal yang unik, tentu saja status otonomi bakal didapatkan oleh provinsi ini.

Aksara Bali1.png
wikipedia

0 Response to "Bali: Kisah Sebuah Pulau Unik di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel