-->

Para Superhero DC dan Marvel dari Asia Tenggara

Zaman superhero sepertinya akan terus berlanjut hingga beberapa tahun mendatang. Dan pelaku tema film ini sudah jelas DC Comics dan Marvel. Kedua-duanya merupakan kiblat superhero dunia yang telah melahirkan banyak superhero global ternama seperti Superman, Batman, Spider-Man, dan Captain America. Dan sebagai dua kekuatan utama superhero global, baik DC maupun Marvel juga mempunyai keragaman dalam diri anggota superhero-nya. Tak melulu kulit putih, tetapi juga ada kulit hitam bahkan kulit kuning dan sawo matang. Superhero-superhero itu ada juga yang mempunyai identitas sebagai muslim.

Karena DC dan Marvel sudah menjadi kiblat dunia superhero, mereka juga mempunyai superhero yang berasal dari Asia Tenggara. Superhero-superhero dari kawasan ini bukanlah superhero utama dan hanya menjadi superhero pembantu. Mereka juga jarang karena hanya muncul pada edisi-edisi tertentu komik DC dan Marvel. Begitu juga dalam film. Cuma segelintir. Tentu saja tampilan mereka mengikuti standar tampilan DC dan Marvel yang identik dengan kostum ketat dan berotot.

Meski begitu kita pasti penasaran terhadap sosok-sosok manusia super dari Asia Tenggara ini, bukan? Siapa saja Mereka? Berikut beberapa superhero dari Asia Tenggara. Mari disimak.

Vietnam
Marvel Cinematic Universe Wikia


Vietnam yang lekat dengan Cina rupanya mempunyai banyak superhero di DC dan Marvel. Sebut saja Mantis yang merupakan anggota The Guardian of The Galaxy, yang sudah begitu terkenal karena sudah diangkat ke layar lebar. Mantis diketahui memiliki kekuatan berupa  telepati serta memanipulasi tumbuhan. Selain sebagai anggota The Guardian of The Galaxy, Mantis yang juga jago beladiri ini pernah menjadi anggota The Avengers. Kemudian ada juga superhero Vietnam yang merupakan anggota X-Men seperti Karma dan Xi'an. Dari DC juga ada superhero asal Negeri Paman Ho, yaitu Thunder dan Lightning. Keduanya merupakan kakak-adik dari pasangan Amerika-Vietnam.

Filipina
Marvel Database Fandom

Di jagad superhero DC dan Marvel, superhero asal Filipina bukan merupakan hal yang asing. Tercatat beberapa superhero Negeri Pinoy menghiasi komik-komik DC dan Marvel. Sebut saja Grail dan Captain Steel. Keduanya merupakan superhero Filipina buatan DC. Grail yang bernama asli Salvador Joel Alonday mempunyai kekuatan super berupa semburan api chi sedangkan Captain Steel yang mempunyai nama asli Hank Heywood ini mempunyai kekuatan super berupa cyborg dan bertindak supercepat seperti The Flash. Captain Steel juga merupakan anggota Justice League. Dan Filipina punya tempat tersendiri di Marvel ketika perusahaan komik dan film itu membuat sebuah grup superhero seperti The Avengers yang beranggota para superhero Filipina seperti Red Father, Anitun, dan Fighting One. Nama grup itu adalah Triumph Division, dan lekat dengan Iron Man, salah satu dedengkot superhero Marvel.

Indonesia
Says.com

Negara kepulauan terbesar di dunia ini mempunyai dua superhero produksi DC dan Marvel, dan keduanya merupakan wanita. Mereka adalah Cascade dan Komodo. Cascade yang bernama asli Sujatmi Sunowaparti merupakan wanita superhero yang bisa mengendalikan air, dan memanipulasinya. Cascade yang merupakan salah satu produk DC yang dijadikan sebagai anggota Global Guardians. Sedangkan Komodo yang bernama asli Melati Kusuma punya kemampuan mirip Wolverine, yaitu mampu menyembuhkan diri sendiri, dan seperti namanya, wanita superhero Marvel ini, memang berwujud seperti Komodo, kadal besar di NTT pada sebagian tubuhnya. Ia salah satu anggota The Iniative.

Thailand
Marvel Database Fandom

Sebagai salah satu negara besar di Asia Tenggara, Thailand juga mempunyai superhero yang diproduksi oleh Marvel, yaitu Avenger X. Ia bernama asli Cressida, dan merupakan salah satu wanita superhero anggota The Avengers yang mempunyai kemampuan menyerap kekuatan di sekitarnya. Cressida tanpa sengaja ditemukan di Thailand Utara kala The Avengers sedang mencari salah satu musuh besar, The Stranger, dengan meminta bantuan Profesor X dari X-Men.

Malaysia
Comic Vine


Selain Indonesia, negeri jiran Malaysia juga mempunyai superhero yang diproduksi oleh DC. Dia adalah Obscura. Nama aslinya adalah Munira Khairuddin. Munira ditengarai sebagai salah satu superhero muslim. Diketahui ia punya latar belakang sebagai teman dekat Barbara Gordon atau Batgirl. Obscura mempunyai kemampuan mematai-matai dan pertarungan jarak dekat seperti halnya Black Widow di Marvel.

Singapura
Comic Vine

Lagi-lagi untuk urusan superhero sampai penjuru dunia, DC bisa dibilang lebih unggul daripada Marvel. Dan Singapura termasuk program global itu. Untuk Negeri Singa, DC menciptakan karakter seorang superhero muda berjenis kelamin wanita bernama Jenny Quantum yang ditengarai mempunyai kemampuan turunan dari Jenny Sparx. Seperti halnya Sparx yang merupakan pendahulunya, Jenny Quantum yang bernama asli Jennifer Quarx ini punya kemampuan teleportasi, menjelajah, memanipulasi serta bisa menghentikan waktu.

Kamboja
DC Database Fandom

Terakhir adalah superhero yang dimiliki oleh Kamboja. Ia adalah OMAC, yaitu robot yang didesain oleh Brother Eye untuk menghancurkan para superhero yang tergabung dalam Justice League. Salah satu OMAC ini adalah Kevin Kho, blasteran Amerika-Kambkja yang bekerja sebagai ilmuwan yang kemudian diubah menjadi robot melalui Proyek Cadmus. Hal ini membuat Kho tidak bisa kembali ke bentuk asalnya, dan menyatakan bahwa dirinya sudah mati. Awalnya seperti halnya OMAC, ia ditugasi menghancurkan para superhero Justice League namun kemudian ia khilaf, dan menjadi bagian dari mereka.

Nah itulah beberapa superhero DC dan Marvel di Asia Tenggara. Kehadiran mereka selain untuk memperkaya cerita dan menambah tokoh, juga untuk memperluas bisnis superhero di kawasan ini. Apalagi diketahui bahwa hal-hal yang berbau superhero akan selalu laku di Asia Tenggara.

0 Response to "Para Superhero DC dan Marvel dari Asia Tenggara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel