-->

HANACARAKA TAK SEBATAS JAWA


Jika membicarakan Hanacaraka, pikiran kita akan langsung mengatakan bahwa hal tersebut identik dengan Jawa. Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa Hanacaraka adalah abjad untuk menuliskan bahasa Jawa.

Hasil gambar untuk hanacaraka
hidupsimpel
Namun, Hanacaraka tak semata di bahasa Jawa. Di dalam bahasa Sunda, bahasa Bali, bahasa Sasak, Cirebon, dan Madura, Hanacaraka juga digunakan meskipun dalam bentuk yang sudah berbeda-beda.
Hanacaraka adalah sistem penulisan abugida yang merupakan turunan dari aksara Brahmi. Karena turunan dari Brahmi itulah aksara ini mempunyai kemiripan dengan beberapa aksara di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Keberadaan aksara Brahmi di Asia Tenggara, terutama Nusantara, berhubungan dengan datangnya agama Hindu sebagai agama luar yang mulai datang untuk menggantikan dan berasimiliasi dengan kepercayaan lokal.
Gambar terkait
wikimedia

Aksara ini awal mula dikembangkan oleh orang-orang di Pulau Jawa untuk menuliskan bahasa dalam rumpun-rumpun Austronesia. Bentuk awal Hanacaraka adalah Kawi yang digunakan sebagai medium untuk menuliskan hal-hal yang berbau sakral dan keagamaan bersama-sama dengan bahasa Sansekerta.

Hasil gambar untuk hanacaraka bali
wikimedia
Hanacaraka berjumlah 20 huruf, dengan masing-masing huruf adalah silabis alias mengandung satu suku kata. Contoh huruf h dalam Hanacaraka akan terdiri dua huruf yaitu, konsonan (h) dan vocal (a), yang ketika ditransliterasi menjadi h saja.

Hanacaraka adalah aksara yang dikisahkan muncul dari terbunuhnya Dora dan Sembada, dua pengawal Aji Saka akibat kesalahpahaman dalam melaksanakan tugas. Abjad Hanacaraka sendiri menggambarkan peristiwa itu sehingga boleh dibilang mempunyai kekuatan yang magis jika ditelusuri.

Hasil gambar untuk carakan madura
carakanmadura
Mengenai Hanacaraka yang tak hanya identik dengan bahasa Jawa, tentu itu semua berkaitan dengan penyebaran huruf ini dari Jawa ke sekitarnya hingga mencapai Pulau Lombok. Penyebutannya pun mengikuti bentuk bahasa lokal yang bersangkutan.
Hasil gambar untuk aksara lombok
Sasak Lombok

Semisal di Jawa disebut honocoroko, di Sunda hanacaraka, serta di Bali dan Lombok hanacarake. Tak hanya itu, di beberapa tempat yang kental keislamannya seperti Sunda dan Sasak dalam beberapa huruf ditambahkan tanda berupa titik untuk mengakomodasi kosakata-kosakata serapan dari bahasa Arab.
Hasil gambar untuk aksara cirebon
indramayuberbagi

Dewasa ini setelah rezim Orde Baru berakhir penggunaan Hanacaraka atau Carakan bersama-sama dengan aksara non-Hanacaraka di Indonesia semakin digalakkan dan ditingkatkan terutama untuk menyelamatkan kebudayaan tempatan dan mengembangkan kearifan lokal. Dan hal itu terlihat dari penulisan nama jalan yang ditulis dengan Hanacaraka juga Latin.

0 Response to "HANACARAKA TAK SEBATAS JAWA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel